Otomotif

BAUTISTA DOMINASI AUSTRALIA

-

Seri pembuka World Superbike (WSBK) di sirkuit Phillip Island, Australia (2426/2), Alvaro Bautista sudah menunjukka­n tajinya sebagai juara dunia tahun lalu. Tiga kemenangan sekaligus membawa Bautista sangat kokoh di puncak klasemen.

Padahal sejak tahun lalu, pembalap Aruba.it-ducati itu hanya mendominas­i balapan di Catalunya, Spanyol yang jadi putaran 8. Bahkan kemenangan yang ia raih sama sekali tidak terhalang kondisi cuaca.

Jika berkaca pada musim lalu, Bautista kurang begitu apik kondisi basah. Namun kini baik di lintasan basah, lembab, dan kering tetap saja bisa membuatnya meraih podium tertinggi di Phillip Island.

Hasil ini tak lepas dari tes pramusim yang juga digelar di Phillip Island dalam kondisi hujan sepekan sebelumnya. Dengan hasil ini jelas membuat pembalap Spanyol itu percaya diri untuk lebih apik di segala kondisi cuaca.

“Tentu saja di setiap balapan, saya mengharapk­an kondisi yang kering karena lebih bisa mengoptima­lkan performa motor. Selain itu juga lebih aman, sehingga membuat saya tidak begitu waswas,” tutur Bautista.

“Cuaca ini juga mengingatk­an saya dengan balapan di Mandalika, saat kesulitan bersaing di tiga besar, tetapi bisa mengakhiri sebagai juara dunia di sana,” imbuh Ayah dua anak itu. Memang, hanya berselang sepekan dari Australia, pekan ini langsung menuju seri kedua, WSBK Indonesia 2023 di sirkuit Mandalika, NTB (3-5/3).

Hujan masih diprediksi akan menyelimut­i sirkuit Mandalika pekan depan, sehingga balapan basah masih akan menjadi ciri khas di sirkuit sepanjang 4,3 km itu.

Ducati Panigale V4R yang mendominas­i dua podium tertinggi di Australia lewat pembalap Alvaro Bautista dan Michael Ruben Rinaldi jelas punya peluang besar.

Apalagi lawan yang bisa sepadan dengan mereka hanya Toprak Razgatliog­lu (PATA Yamaha WSBK) dan

Yamaha YZF-R1 besutannya. “Tidak ada masalah dari segi motor, hanya saja saya merasakan kecepatan Ducati tidak berkurang, meskipun di lintasan basah,” tutur Razgatliog­lu.

“Ini masih seri pembuka, segala macam peluang dan kesempatan masih bisa terjadi. Kami akan berusaha keras di seri-seri berikutnya,” lanjutnya. Baik Razgatliog­lu dan Bautista sama-sama punya kenangan manis meraih gelar juara dunia WSBK pertamanya di Mandalika.

Kini keduanya menuju Mandalika tanpa beban perebutan gelar juara dunia dan fokus untuk mengumpulk­an point di klasemen sementara.

Sudah punya tiket ke Mandalika?

 ?? ?? KAWASAKI
KAWASAKI
 ?? ??
 ?? DUCATI ?? Alvaro Bautista kini ‘pede’ dengan motor Ducati di segala kondisi cuaca
DUCATI Alvaro Bautista kini ‘pede’ dengan motor Ducati di segala kondisi cuaca
 ?? YAMAHA RACING ?? Tanpa beban dirasakan Toprak Razgatliog­lu menuju ronde kedua di Mandalika
YAMAHA RACING Tanpa beban dirasakan Toprak Razgatliog­lu menuju ronde kedua di Mandalika

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia