Otomotif

UBAH SUSUNAN & STRATEGI

-

Tim pabrikan PT. Astra Honda Motor (AHM), Astra Honda Racing Team (AHRT) mengenalka­n skuat pembalapny­a untuk musim balap 2023. Baik itu untuk kompetisi Kejurnas Sport, Asia Road Racing Championsh­ip (ARRC) dan FIM Juniorgp Moto3.

Ada nama baru dan susunan pembalap yang berubah. Nama Veda Ega Pratama yang sampai tahun lalu hanya sebagai pembalap binaan, kini masuk tim utama. Pembalap 14 tahun itu akan masuk tim AHRT untuk ARRC kelas Asia Production 250 (AP250).

Namun fokus bagi Veda juga masih mengejar gelar juara umum Asia Talent Cup (ATC) di tahun ini. “Kalau saya sih penginnya juara juga di ARRC, tetapi lihat saja nanti. Saya masih fokus utama juara Asia di ATC,” tutur Veda yang tahun lalu penempat tiga klasemen akhir ATC 2022.

Veda akan tandem bersama dua seniornya yang mafhum dengan Honda CBR250RR, Rheza Danica dan Herjun Atna Firdaus.

Lalu di kancah ARRC kelas Supersport 600 (SS600) kini mengandalk­an duet baru, Gerry Salim dan Adenanta Putra.

Tinggi badan membuat Adenanta lebih cocok balap di motor empat silinder, sedangkan Gerry Salim juga kompetitif di kelas SS600 kala juara nasional Kejurnas Supersport 600 2016.

“Pengalaman balap Superbike tahun lalu jadi bekal baik untuk kompetitif di SS600 tahun ini,” ujar Gerry.

“Saya juga lebih suka dengan motor 600 cc. Tahun 2017 saya juga merasa harusnya kompetitif di kelas ini, tetapi AHRT mengharusk­an saya balap AP250 dulu,” lanjut pembalap asal Surabaya, Jatim itu.

Gerry bertukar posisi dengan Andi Gilang yang tahun lalu juara ARRC SS600, tahun ini akan naik ke Asia Superbike (ASB1000) dengan tim Honda Asia Dream Racing.

Di Kejurnas Sport 250 namanya sama dengan AP250, ada Veda Ega Pratama, Rheza Danica, Herjun A.F, dan satu pembalap binaan Astra Honda Racing School (AHRS), M.K Ramadhipa. Salah satu dari mereka difokuskan mengejar juara nasional Kejurnas Sport 250 yang semua tiga rondenya digelar di sirkuit Mandalika.

Untuk balap di Eropa ada dua nama, Fadillah Arbi Aditama untuk FIM Juniorgp Moto3 dan Delvintor Alvarizi yang akan fokus 8 seri Eropa dan dua seri Indonesia untuk MXGP 2023.

Dia akan bergabung dengan tim Jacky Martin Astra Honda membesut CRF250 di kelas MX2. Delvintor jadi pembalap Indonesia pertama yang akan balapan di banyak ronde MXGP.

Pun AHRT akan kembali ikut balap ketahanan Suzuka 4 Hours di Jepang, bersamaan dengan jadwal Suzuka 8 Hours. Namun nama pembalapny­a akan diumumkan belakangan. • DAB

 ?? ISTIMEWA ??
ISTIMEWA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia