Otomotif

MERIAH LAGI BERKAT SUV

- R. PANJI MAULANA Editor in Chief panjioto@gmail.com

Pameran otomotif di awal tahun Indonesia Internatio­nal Motor SHOW/IIMS) 2023 sudah berakhir. Buat pembaca yang enggak sempat mampir, bisa baca OTOMOTIF edisi minggu lalu.

Atau, tetap pantengin terus OTOMOTIF edisi ini dan seterusnya. Karena pasti akan di-update terus produk-produk terbarunya melalui ulasan First Drive/ride ataupun Test Drive/ride.

Nah, kalau melihat fenomena yang terjadi di IIMS 2023 kemarin, tampak sekali industri otomotif roda empat (mobil) nasional sepertinya sedang fokus ke SUV.

Coba aja cek, sebagian besar APM mobil kebanyakan menampilka­n bahkan meluncurka­n SUV!

Suzuki ada Grand Vitara, Chery andalkan Omoda 5, Wuling luncurkan Alvez, Toyota andalkan Corolla Cross Hybrid GR Sport lalu

Mitsubishi pajang SUV konsep yang dinamai XFC Concept yang tahun ini kabarnya akan dijual massal.

Sebelumnya bahkan, Toyota Innova Zenix yang telah diluncurka­n akhir tahun lalu juga dirancang mirip SUV atau Toyota menyebutny­a crossover. Tidak lagi berdesain MPV meski masih muat 7 penumpang.

Apa artinya? Tren SUV kembali lagi ke Tanah Air. Kalau ingat, era tahun 2007 saat Toyota Rush generasi pertama muncul diikuti SUV-SUV sekelas bahkan di atasnya.

Semakin ramai setelah MPV Avanza-zenia lahir.

Setahun ke belakang, SUV kompak pun mulai masuk melalui Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Kia Sonet, Honda WR-V dan lainnya. Tahun ini semakin meriah lagi lantaran kian banyak pilihannya.

Apa benar masyarakat Indonesia akan lebih memilih SUV ketimbang MPV lagi?

Mungkin saja, kan tren SUV di dunia sedang naik daun. Jangan ikut-ikutan!

 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia