Otomotif

PERFOMA & KONSUMSI BBM

-

Honda HR-V Turbo RS dibekali mesin turbo 1.500 cc yang diklaim mampu memuntahka­n daya hingga 177 dk serta torsi 240 Nm.

Berbeda dengan varian di bawahnya (Tipe SE, S dan E) yang dibekali mesin DOHC 1.500 cc (non turbo) yang sanggup menelurkan daya hingga 120 dk dan torsi 145 Nm.

Keduanya pun kami lakukan tes akselerasi untuk mengetahui seberapa kencang SUV Honda ini. Hasilnya, untuk berakseler­asi dari kondisi diam hingga kecepatan 100 km/jam, Honda HR-V SE hanya sanggup mencatatka­n waktu 12,5 detik saja.

Berbeda dengan tipe Turbo RS yang bisa dibilang kencang, ia mampu torehkan waktu 8,6 detik, atau selisih 3,9 detik dengan tipe SE.

Di trek lurus 402 meter, HRV SE catatkan waktu 18,8 detik, atau lebih lambat 2,4 detik dari tipe Turbo RS yang tembus di 16,4 detik.

Selain mesin dengan output yang lebih besar ini, Hondahr-v Turbo RS bisa dikatakan sigap dan lincah saat diajak ngebut.

Saat pedal diinjak dalam di trek lurus, tenaga langsung mengisi sejak putaran bawah. Gejal turbo lag tak banyak terasa. Akselerasi­nya semakin terasa‘sporty’ dengan memainkan paddle shift dan geser ke mode berkendara Sport.

Keduanya pun kami lakukan tes jalan untuk mengetahui berapa konsumsi bahan bakarnya baik di rute dalam kota dan tol.

Menariknya lagi, walaupun secara kemampuan akselerasi tipe Turbo RS menang jauh dibandingk­an varian SE yang non turbo, namun urusan konsumsi bahan bakar varian Turbo RS punya data yang mirip-mirip dengan varian SE.

Di rute dalam kota, dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, HR-V Turbo RS catatkan konsumsi bahan bakar 14,1 km/liter. Angka ini mirip dengan varian SE yaitu 14,9 km/liter.

Lalu di rute tol dengan kecepatan 90 km/ jam HR-V Turbo RS catatkan data 17,6 km/liter, sedangkan varian SE juga di 17,8 km/liter.

Ini membuktika­n penggunaan turbo di HR-V RS punya dampak yang besar di akselerasi, namun soal konsumsi bahan bakarnya tak banyak perbedaan dengan varian non turbo yang juga hemat bahan bakar.

Jadi ketika diajak ngebut, HR-V Turbo RS ini siap sedia, tapi buat harian, ia juga bisa dikatakan efisien.

 ?? ?? Fun to drive, akselerasi 0-100 km/jam bisa tembus 8,6 detik
Fun to drive, akselerasi 0-100 km/jam bisa tembus 8,6 detik
 ?? ?? Mesin 1.500 cc turbo asyik banget diajak berakseler­asi
Mesin 1.500 cc turbo asyik banget diajak berakseler­asi

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia