Otomotif

FITUR & TEKNOLOGI

-

Sebagai skutik listrik entry level, fitur Neo’s tidak terlalu istimewa, tapi tetap fungsional. Di balik cover spido terdapat panel instrumen LCD monokrom berukuran kecil. Di sekeliling­nya terdapat berbagai macam indikator, salah satunya low power atau low battery mode berupa logo kurakura.

Panel instrumen berisi satuan kecepatan (spidometer), jam, odometer, tripmeter, riding mode, indikator baterai 1 & 2. Menganti tampilan odo, trip dan jam via tombol di bawah panel instrumen. Menariknya di atas spidometer digital mungil ini terdapat logo garpu tala berukuran besar.

Melipir ke arah kanan, terdapat tombol untuk mengganti riding mode (ada Normal dan Eco) serta tombol ‘run’ untuk menjalanka­n motor. Di setang kiri cukup standar, ada tombol lampu jauh-dekat, sein dan klakson.

Neo’s sudah menggunaka­n smart key sehingga tidak lagi membutuhka­n kunci kontak. Bentuk kenop keyless Neo’s tak ubahnya kenop di motor Yamaha lain, jadi terlihat cukup familiar. Di sebelahnya terdapat tombol untuk membuka jok.

Tempat penyimpana­n Neo’s ada beberapa. Pertama kantung di kiri bawah setang. Oiya di atasnya terdapat electric power socket. Di tengah dek terdapat gantungan barang yang dapat terlipat ke bodi jadi lebih rapi.

Di bawah jok pun terdapat bagasi berukuran cukup besar. Namun, sebagian tempat tersita untuk baterai lithium-ionnya. Ada dua tempat menaruh baterai, tapi bawaannya hanya ada satu baterai. Di belakang komparteme­n baterai ada ruang cukup dalam. Bisa memuat satu buah helm half face.

Sistem pengereman mengadopsi cakram tunggal di depan dan tromol di belakang. Cakram dijepit oleh kaliper 1 piston.

Neo’s dibekali suspensi depan model teleskopik dengan jarak main 90 mm. Sedang suspensi belakang monoshock terpasang swingarm yang juga jadi penghubung daya dari baterai ke dinamo hub. Sok belakang memiliki travel 80 mm.

Kedua pelek yang digunakan berdiamete­r 13 inci. Dibalut oleh karet bundar tubeless berukuran 110/70-13 di depan dan 130/70-13. “Bannya khusus buat motor listrik, karakterny­a lebih soft compound,” terang Ferry Nurul Fajar, Technical & Education YIMM.

 ?? ?? Panel instrumen LCD monokrom imut tapi fungsional
Panel instrumen LCD monokrom imut tapi fungsional

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia