Otomotif

PERIKSA BENDA DI SAMPING AKI

-

Pemilik Honda BEAT yang usia motornya sudah di atas 5 tahun, sering menemukan masalah yang cukup pelik, yaitu sulit menghidupk­an mesin pakai electric starter. Tentunya jadi ribet, karena harus menggunaka­n engkolan atau kick starter.

Padahal, jika diperiksa kondisi masih aki normal atau sudah diganti baru, tapi motor tetap masih sulit distarter.menurut Suhendri mekanik Bagus Motor di Jl. Raya Rorotan Cakung, Cilincing, Jakarta Utara, Honda BEAT yang sudah berumur memang rawan mengalami m asalah susah starter ini.

“Paling sering penyebab motor susah starter karena aki tekor. Tapi ada yang aki masih bagus sering mengalami masalah ini,” terang Hendri sapaannya.

“Kalau setelah dicek setrum akinya bagus atau normal, coba cek ke area relay starter,” terangnya.

Relay starter atau biasa juga disebut bendik merupakan sakelar elektronik, bekerja untuk mengalirka­n arus besar dari aki ke dinamo starter tanpa melalui tombol sakelar di setang.

Relay starter Honda BEAT sendiri posisinya ada di boks sekring di bagian dek kaki. “Biasanya karena relaynya sudah mulai lemah, makanya motor jadi susah starter elektrik,” tambahnya. “Jadi coba saja ganti relaynya, toh harganya juga tidak mahal,” ungkapnya.

Relay starter dengan kode part 38501KVZ63­1 ini harganya cuma Rp 27 ribu. “Kalau di bengkel atau di toko online paling Rp 30 ribuan, tinggal ganti yang lama dan pasang baru biasanya sudah beres,” tutupnya.

Caranya tentu tinggal buka tutup aki pakai obeng plus, lalu angkat tutupnya kemudian cabut relay yang lama kemudian pasang yang baru. Mestinya mesin bisa langsung jreng menyala saat tombol starter ditekan.

Jika relay sudah diganti tapi mesin tetap tak mau menyala, berarti harus kembali ditelusuri penyakitny­a. Mulai dari tombol starter-nya sendiri, sampai kondisi dinamo starter, siapa tahu kondisi brush atau arangnya habis. Namun kasus yang terakhir khusus untuk BEAT versi sebelum ESP yang masih pakai starter kasar. Uje

 ?? FOTO: DOK. OTOMOTIF ?? Sebelum cek relay, pastikan dahulu akinya sehat
FOTO: DOK. OTOMOTIF Sebelum cek relay, pastikan dahulu akinya sehat
 ?? ?? Harga relay cukup terjangkau, hanya sekitar Rp 30 ribu
Harga relay cukup terjangkau, hanya sekitar Rp 30 ribu
 ?? ?? Tombol starter ditekan mesin enggak menyala, salah satunya cek relay
Tombol starter ditekan mesin enggak menyala, salah satunya cek relay
 ?? ?? Relay starter ada di sebelah aki di dek
Relay starter ada di sebelah aki di dek

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia