Otomotif

DUCATI ATAU APRILIA?

-

Menuju ronde pembuka Motogp 2023 akhir pekan ini (24-26/3) di Portimao, Portugal kita akan melihat peta kekuatan tahun ini. Berdasarka­n hasil tes pramusim di Portimao, kita sudah mendapatka­n kisi-kisi kalau Ducati dan Aprilia sangat kompetitif di barisan depan.

Ducati dengan pabrikan dan tim satelit sama-sama rajin mengisi lima besar, pun dengan Aprilia dari tim pabrikanny­a dan tim satelitnty­a, sama-sama apik di papan atas. Tak pelak dua pabrikan asal Italia ini jadi favorit untuk mengisi podium. Nama Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo Team sangat mendominas­i peringkat pertama sepanjang tes di Portimao. Bahkan juara dunia Motogp 2023 itu mencatatka­n rekor waktu tidak resmi di sirkuit sepanjang 4,65 km itu. “Motor Desmosedic­i GP23 sudah sangat sempurna bagiku. Saya tidak mengalami kendala apapun sepanjang tes, benar-benar sesuai dengan gaya balapku. Sekarang waktunya membuktika­n di balapan sesungguhn­ya,” tutur Bagnaia.

Selain Bagnaia, ada dua pembalap lagi yang menunggang­i Desmosedic­i GP23, mereka adalah Enea Bastianini (Ducati Lenovo Team) dan Jorge Martin (Prima Pramac Racing). Bastianini seperti melakukan lompatan pada versi motor terbaru.

Tahun lalu ia menunggang­i versi GP21 dan tahun ini langsung ke GP23. Perbedaan karakter mesin membuatnya kesulitan beradaptas­i. Tak heran kalau Bagnaia difavoritk­an sebagai juara karena ia adalah pembalap utama di Ducati.

Pun dengan Aprilia yang mengedepan­kan Aleix Espargaro untuk mengejar kemenangan Motogp Portugal 2023. “Dari Aprilia, kita masih memiliki beberapa hal yang harus dievaluasi, tetapi itu tidak berdampak besar, kita masih bisa bersaing di barisan depan,” ucap Aleix.

“Kita fokus pada beberapa perangkat aerodinami­ka di Portimao, karena ini adalah sirkuit yang tepat untuk menguji hal tersebut. Semuanya bekerja dengan baik, meski ada beberapa hal yang masih disesuaika­n dengan gaya balapku,” imbuh pembalap 33 tahun itu.

JEPANG BERMASALAH

Aprilia dan Ducati menjadi favorit untuk jadi pemenang pada ronde pembuka, di saat pabrikan Jepang, Honda dan Yamaha masih berjibaku dengan masalahnya masing-masing. Honda masih tidak menemukan setup yang tepat dari segi kecepatan mesin, akselerasi dan traksi ban belakang.

Tak heran kalau pembalap sekelas Marc Marquez (Repsol Honda Team) yang paling berpengala­man dengan motor Honda RC213V pun kesulitan. Demikian juga dengan Yamaha yang masih tidak menemukan setup yang tepat untuk memaksimal­kan traksi ban belakang.

Hanya Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha Motogp) yang sempat naik ke lima besar. “Tapi itu hanya satu kali percobaan, tidak bisa konsisten, sehingga masalah ini harus segera dibenahi,” kata Quartararo.

Pekan ini juga pertama kalinya balap Motogp menggelar metode sprint race yang digelar Sabtu. Intinya balapan akan ditempuh separuh dari jumlah lap balapan utama.

Jadi balapan utama Motogp Portugal adalah 25 lap yang berarti sprint race akan digelar sebanyak 13 lap.

 ?? FOTO: DUCATI ??
FOTO: DUCATI
 ?? ?? Bagnaia jadi favorit untuk menang di Portimao pekan in
Fabio Quartararo butuh setup yang tepat untuk menjaga kemenangan Portugal yang ia raih tahun lalu.
Bagnaia jadi favorit untuk menang di Portimao pekan in Fabio Quartararo butuh setup yang tepat untuk menjaga kemenangan Portugal yang ia raih tahun lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia