Otomotif

UPGRADE HONDA CBR150R

- konsultasi.r2@gmail.com ASUHAN:AANT

Saya user Honda CBR150R facelift, rencana

mau upgrade mesin, kira-kira apa yang cocok buat harian? Saya anak SMA.

Nathan – via DM

Halo

Nathan, upgrade mesin untuk harian gampang kok, speknya enggak perlu yang terlalu berat kan?

Oke kita awali dari yang paling mudah, yaitu ganti knalpot. Kenapa? Ini merupakan komponen yang penggantia­nnya plug and

play, terjangkau dan mudah, tapi kenaikan performany­a signifikan. Kalau knalpotnya bagus, minimal tenaga naik 1 dk. Tapi saran cari knalpot yang tidak terlalu berisik, yang pakai

db killer, jadi enggak terlalu mengganggu lingkungan.

Setelah ganti knalpot bisa dilanjutka­n ganti filter udara pakai yang hambatanny­a lebih rendah, agar bisa mengimbang­i keluaran gas buang yang sudah lebih lancar. Tapi konsekuens­inya mesti lebih rajin membersihk­an throttle body, karena potensi kotoran ikut masuk ke mesin jadi lebih besar.

Ubahan berikutnya yang bisa dilakukan pasang

piggyback, tentunya biar suplai bahan bakar mengimbang­i pembuangan dan udara masuk yang sudah lebih lancar.

Berikutnya yang juga cukup efektif oprek bagian kopling, dari yang cukup mudah saja yaitu tambah ring pada per kopling bawaan motor, tujuannya agar tekanan ke kampas lebih kuat, jadi mengurangi potensi slip kopling. Hanya saja jangan kaget kalau tuas kopling jadi sedikit lebih berat.

Dengan beberapa langkah-langkah di atas jika dikerjakan secara optimal, dijamin performa CBR150R jadi lebih memuaskan dibanding standarnya. Tapi tentunya juga harus ketemu bengkel yang mengerti dan mampu mengerjaka­n.

 ?? DOK.OTOMOTIF ??
DOK.OTOMOTIF

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia