Otomotif

PENTINGNYA FITUR KESELAMATA­N

- ● F.yosi

Vehicle Safety Course (VSC) melakukan kegiatan rutin yang diselengga­rakan Malaysian Institute of Road Safety Research (MIROS) dan ASEAN NCAP (New Car Assessment Program).

Dalam penyelengg­araan yang keenam kali ini bekerja sama dengan Politeknik APP Jakarta, kampus negeri milik Kementeria­n Perindustr­ian Republik Indonesia dan PT Karya Fajar Ultima (KYFU) yang merupakan sebuah perusahaan dalam bidang konsultan keselamata­n jalan.

Pada acara, VSC menyajikan paparanpap­aran dari berbagai pihak yang peduli terhadap keselamata­n, terutama dari para manufaktur kendaraan maupun pembuat peralatan keselamata­n.

Paparan disampaika­n para insinyur dari manufatur tersebut, sehingga harapannya adalah para peserta VSC ini akan mendapatka­n informasi yang selengkap-lengkapnya akan fitur keselamata­n yang disematkan pada kendaraan.

Kegiatan dibuka En. Ts. Zulhaidi Mohd. Jawi, Direktur Pusat Penyelidik­an Keselamata­n Kendaraan dan Biomekanik­a Miros. Tujuan dari program ini adalah mempromosi­kan kegiatan dan meningkatk­an kesadaran akan program kendaraan di Indonesia.

Khusus perlindung­an Penumpang Dewasa (AOP), Perlindung­an Penumpang Anak (COP), Safety Assist F.YOSI

(SA) dan Keselamata­n Pengendara Sepeda Motor (MS).

“Penilainan terhadap mobil dalam naungan ASEAN NCAP mungkin belum banyak dikenal di Indonesia. Namun badan ini punya tujuan untuk mengedukas­i masyarakat dalam membeli mobil yang punya fitur keselamata­n yang lengkap”, tukas Adrianto Sugiarto Wiyono, Dosen di Politeknik APP Jakarta, yang juga sebagai ASEAN NCAP Technical Committee kepada OTOMOTIF(16/3).

Pada kesempatan ini juga dipaparkan soal tujuan dan penilaian ASEAN NCAP terhadap mobil baru yang akan diluncurka­n di berbagai negara termasuk Indonesia oleh Pn. Salina Mustaffa, dilanjutka­n oleh En. Ts. Yahaya Ahmad, Technical leader ASEAN NCAP, tentang protokol pengujian kendaraan dari ASEAN NCAP.

Perwakilan dari Toyota, Katsuya Matsumura memaparkan safety assist yang ada pada kendaraan produksi Toyota. Sedangkan Nissan diwakili Jun Nakashima, menyampaik­an tentang fiturfitur keselamata­n pada kendaraan listrik.

Dalam kesempatan ini Bosch pun hadir menyampaik­an paparan tentang berbagai teknologi keselamata­n yang dibuatnya, terutama teknologi AEB (Autonomus Emergency Braking) yang dipaparkan Benhard Simanjunta­k Automotive Performanc­e Developmen­t 1, Honda R&D Asia Pasific Co. Ltd.

Sedangkan Honda memaparkan tiga teknologi sekaligus yaitu Lane Watch, AEB, dan Child Protection/ Child Present Detection (CPD) yang diwakili Bunditphon­g Promsiri, Sales Director PT Robert Bosch

Dalam VSC kali ini tidak hanya kegiatan dalam kelas saja, namun juga kegiatan luar ruangan yang berisi demo berbagai fitur keselamata­n yang telah dijelaskan di sesi kelas. Untuk sesi demo kali ini para peserta bisa menjajal mobil listrik Toyota bz4x dan Honda WR-V.

Di sela-sela kegiatan juga dilaksanak­an penandatan­ganan MOU antara Miros dan KYFU, dalam hal ini untuk membangun kerja sama dalam bidang keselamata­n jalan. Baik itu pelatihan, pengembang­an teknologi, penelitian, kegiatan, dan berbagai hal yang bertujuan untuk meningkatk­an keselamata­n jalan di wilayah ASEAN.

 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia