Otomotif

FITUR & TEKNOLOGI

-

Ada beberapa fitur andalan CRF250L, pertama ada lampu depan dan sein LED yang hemat energi. Namun, stoplamp masih pakai bohlam konvension­al. Nanggung ya!

Berikutnya punya panel instrumen dengan tampilan full digital. Berukuran ringkas tapi isinya cukup lengkap. Ada takometer,

spidometer, odometer, tripmeter A & B, stopwatch, gear position indicator, avg. fuel mileage, fuel cons., avg. speed, fuelmeter dan jam.

Di sekeliling layar LCD ada indikator lampu sein, hi beam, MIL, gigi netral, indikator suhu dan rev indicator. Terdapat dua buah tombol, SEL dan SET untuk mengganti pilihan tampilan data.

CRF250L juga dibekali dengan fitur assist & slipper clutch. Tentunya membuat handel kopling jadi ringan ketika ditarik. Sedangkan slipper clutch membuat efek deselerasi jadi lebih lembut. Berfungsi untuk mencegah roda belakang slip ketika menurunkan gigi secara mendadak akibat engine brake.

Lanjut ke area kaki-kaki, yang bisa dibilang mirip dengan Rally. Sokbreker depan menggunaka­n inverted front fork atau tipe upside down dari Showa dengan diameter as 43 mm.

Sokbreker ini mengusung konstruksi SFF atau Separate Function Fork. Bagian sebelah kanan berfungsi sebagai damper dan reaction. Sedangkan sebelah kiri berfungsi sebagai damper saja. Tipe ini membuat bobot menjadi lebih ringan.

Kemudian sokbreker belakang pakai Showa dengan konstruksi Pro-link. Keunggulan­nya diklaim untuk mendapatka­n redaman yang lembut dan stabil. Terdapat juga setelan preload. Lengan ayun pakai bahan aluminium yang lebih ringan tapi tetap kokoh.

Selain suspensi, pelek dan ban juga sama dengan Rally. Pakai pelek jari-jari aluminium berukuran 21 dan 18 inci. Dibalut oleh karet bundar bertapak kasar berukuran 80/100-21 dan 120/80-18.

Selanjutny­a tangki bensin CRF250L memiliki kapasitas tampung yang lebih kecil, tepatnya 7,8 liter. Bandingkan dengan Rally yang punya kapasitas 12,8 liter. Tentu karena beda peruntukan, yang Rally lebih untuk perjalanan jauh sesuai namanya.

Sektor pengereman depan menggunaka­n cakram model wavy atau bergelomba­ng berdiamete­r 256 mm dan dijepit kaliper dua piston. Diameterny­a sedikit lebih kecil dibandingk­an Rally yang berukuran 296 mm. Sedangkan rem belakang pakai wavy disc berukuran 220 mm dengan kaliper 1 piston.

Sebagai fitur standar, CRF250L juga sudah dilengkapi dengan hand guard . Berguna melindungi tangan ketika melewati jalur ekstrem atau trabasan.

 ?? FOTO: ... HARI PANGESTU ?? Panel instrumen full digital ringkas tapi isinya lengkap
FOTO: ... HARI PANGESTU Panel instrumen full digital ringkas tapi isinya lengkap

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia