Otomotif

MOMENTUM PENTING

-

Perebutan gelar juara dunia WRC 2023 berjalan spesial di lokasi yang istimewa. Ronde ke-12 bukan hanya dilakukan di satu negara, tetapi di melintasi tiga negara Jerman, Austria, dan Rep, Ceko. Ketiga negara yang bertetangg­a ini memang spesial karena melalui jalur pegunungan dengan lintasan full aspal.

Tak heran kalau WRC ronde ke-12 ini bertajuk Eropa Tengah karena melintasi tiga negara bak Rally Raid. Start dari Passau, Jerman pada Special Stage pertama (SS1) persaingan sudah ketat antara Thierry Neuville, Sebastien Ogier, Kalle Rovanpera, dan Ott Tanak.

Keempatnya memiliki kelemahan dan keunggulan masingmasi­ng pada setiap SS di tiga negara berbeda. Tak heran pemenang di setiap SS pun berbeda. Hanya saja Thierry Neuville konsisten di tiga teratas.

Di saat para rivalnya seperti Ogier, Tanak, dan Evans, bertumbang­an karena menabrak, keluar jalur dan melakukan beberapa kesalahan, ia tetap di tiga besar.

Ini jadi momentum baik bagi Neuville karena para pereli Toyota Gazoo Racing yang selalu mendominas­i, kini banyak menyia-nyiakan kesempatan.

“Melakukan reli lintas negara seperti ini bukanlah hal mudah karena mengumpulk­an

data untuk SS dan karakter lingkungan­nya berbeda,” Neuville menjelaska­n.

Akhirnya kemenangan kedua ia raih, Neuville tak lagi menjadi pelengkap tiga besar yang selalu didominasi pereli Toyota. Ia membuktika­n Hyundai i20 N Rally besutannya masih kompetitif.

Selain Neuville yang berselebra­si, juga ada Kalle Rovanpera yang resmi menjadi juara dunia WRC 2023. Momen Elfyn Evans yang mengalami kecelakaan dan tidak melanjutka­n balapan jadi titik balik Rovanpera untuk segera mengunci gelar juara dunia.

Lantaran sejak awal WRC Eropa Tengah dimulai, Evans memang lebih konsisten di tiga besar dibandingk­an Rovanpera.

“Akhirnya saya berhasil mengunci gelar juara dunia, ini adalah target utama saya sejak awal tahun dan semuanya lengkap untuk Toyota, pabrikan, tim, dan kini juara dunia pereli juga co- driver berhasil didapatkan,” ujar pereli Finlandia itu.

Kini Rovanpera bergabung dengan Sebastien Ogier, Sebastien Loeb, Tommi Makinen, dan Miki Biasion sebagai pereli yang dua kali beruntun menjadi juara dunia.

Bedanya, Rovanpera adalah yang paling muda dibandingk­an para seniornya itu saat back to back juara dunia.

 ?? FOTO: REDBULL CONTENT POOL ??
FOTO: REDBULL CONTENT POOL
 ?? ?? Konsistens­i Thierry Neuville kembali bawa Hyundai menangi WRC
Konsistens­i Thierry Neuville kembali bawa Hyundai menangi WRC
 ?? ?? Kalle Rovanpera masih juara dunia WRC termuda dalam sejarah
Kalle Rovanpera masih juara dunia WRC termuda dalam sejarah

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia