Otomotif

OPERASIKAN 100 BUS LISTRIK

-

PT Transporta­si Jakarta (Transjakar­ta) memperoleh 26 armada bus listrik dari Perum DAMRI (22/12). Berkat beroperasi­nya 26 bus listrik dari DAMRI menggenapi target pengoperas­ian 100 unit bus listrik oleh Transjakar­ta di tahun 2023.

Direktur Utama Transjakar­ta Welfizon Yuza mengatakan bahwa pengoperas­ian bus listrik merupakan komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Transjakar­ta untuk mewujudkan transporta­si bebas emisi yang sesuai dengan kerangka berkelanju­tan #Bersihberd­ayabestari.

“Dari aspek lingkungan, yang awalnya menggunaka­n bus solar Transjakar­ta sudah dapat mengurangi emisi 94% jika dibandingk­an dengan mobil pribadi, penguranga­n tersebut meningkat menjadi 99.99% dengan bus listrik,” ujar Welfizon di Kawasan

Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat.

Sebanyak

26 unit bus listrik yang dioperasik­an merupakan Bus Listrik Lantai Rendah (Low Entry). Akan melayani rute-rute integrasi pengumpan yang ada di Transjakar­ta, yakni Bundaran Senayan– TU Gas (4C) dan Pulogadung–pinang Ranti (4F).

Pengoperas­ian bus listrik telah disiapkan pramudi yang sudah dibekali pelatihan keselamata­n, dan juga dilengkapi fasilitas charging di depo.

“Telah disiapkan 64 Pramudi yang telah dibekali Pelatihan Keselamata­n dan telah tersertifi­kasi BNSP. Kemudian Depo yang disiapkan telah dilengkapi dengan 8 alat pengisian daya dengan kapasitas 200 kw dan didukung 2.700 KV daya dari PT PLN,” ujarnya.

Direktur Utama DAMRI, Setia N. Milatia Moemin menuturkan bahwa sinergi antara DAMRI dan PT Transjakar­ta merupakan salah satu komitmen dalam mewujudkan Jakarta berenergi hijau yang menerapkan aspek kecanggiha­n teknologi.

“Bus listrik DAMRI yang beroperasi pada koridor PT Transjakar­ta akan menghubung­kan masyarakat umum dengan aman dan nyaman,” lanjutnya.

Bus listrik DAMRI tipe Low Entry ini merupakan rakitan Skywell dengan kapasitas baterai 322 kwh. Berkapasit­as pelanggan hingga 50 orang. Jarak tempuhnya sejauh 290 km untuk sekali pengisian daya fast charging selama 1 jam 30 menit.

Dilengkapi perlengkap­an keselamata­n dan keamanan, termasuk bus camera monitor system, tombol darurat untuk memutus tenaga listrik, tombol apar otomatis di ruang baterai dan control unit, sensor pintu darurat, apar manual, tombol pintu darurat, palu pemecah kaca, emergency exit, CCTV, seatbelt, alat standar untuk perbaikan darurat, dan kotak P3K.

Fasilitas di dalam bus listrik pun dilengkapi dengan hand grip untuk penumpang berdiri, ramp untuk kursi roda, kursi prioritas, dan USB Charging Port.

 ?? ?? ISTIMEWA
ISTIMEWA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia