Otomotif

RASA BERKENDARA

-

Sekadar informasi, BYD Dolphin memiliki dimensi (PXLXT): 4.290 mm x 1.770 mm x 1.570 mm. Jarak sumbu rodanya 2.700 mm, dengan ground clearance 130 mm. Ukuran pelek untuk tipe Premium Extended Range ini berdiamete­r 17 inci jenis alloy, dengan pewarnaan two tone. Profil bannya 205/50 R17.

Nah, dengan dimensi segitu, saat tester OTOMOTIF yang punya tinggi badan 179 cm duduk di jok baris belakang sebagai penumpang, wah.. ternyata masih lumayan lega loh. Baik leg room maupun head room masih tersisa agak banyak. Dan sipnya lagi, lantai kabinnya cukup rendah, sehingga posisi kaki jadi bisa lebih rileks.

Hal tersebut menurut Bobby Bharata, Head of Operation PT BYD Motor indonesia, lantaran posisi baterai ditempatka­n di sasis bagian bawah, diposisika­n serendah mungkin. Langkah ini juga sekaligus untuk mengejar center of gravity yang optimal, guna mendapatka­n kestabilan maksimal.

Apa yang dikatakan Bobby terbukti, saat dapat giliran ngegas mobil listrik entry level BYD ini, kami coba melakukan beberapa manuver, baik itu berjalan zig zag, menikung, hingga melibas jalan yang agak bergelomba­ng dengan kecepatan lumayan tinggi, hasilnya kestabilan laju kendaraan masih terjaga baik.

Tentunya kestabilan juga turut disumbang oleh fitur Electronic Stability Control-nya (ESC), yang asyiknya juga terdapat di varian bawah Dolphin, yakni tipe Dynamic Standard Range.

Lalu soal bantingan suspensi Dolphin tipe atas ini yang menggunaka­n konstruksi Macperson Strut di bagian depan dan Multilink di belakang (untuk varian Standard Range pakai Torsion Beam), kami rasakan cukup lembut dan nyaman. Buktinya ketika melibas jalan keriting dan speed bump, tidak begitu terasa guncangann­ya, baik di baris depan maupun belakang. Mantul!

Oiya, untuk pemilik postur jangkung, masih mudah kok mendapatka­n posisi nyetir yang nyaman di jok driver yang modelnya sudah semi bucket dan berlapis kulit.

Apalagi pengaturan setir bisa tilt dan telescopic, ditambah pengaturan jok electricny­a sudah 6 arah (maju-mundur, tinggirend­ah, rebah-tegak/ reclining). Sedangkan untuk penumpang depan hanya 4 arah.

Kerennya lagi, nuansa di interior yang turut menyumbang suasana nyaman untuk tiap-tiap pilihan warna mobil, beda-beda loh. Untuk pilihan warna Coral

Pink + Urban Grey yang kami jajal, warna interiorny­a kobinasi pink – grey. Rasanya cocok nih untuk kaum hawa.

Sedangkan untuk warna mobil Surf Blue + Urban Grey, interiorny­a berwarna blue – grey. Sementara pilihan warna Atlantis Grey + Delan Black dan Silky White + Urban Grey, warna interiorny­a sama, yakni black – grey. Jadi tinggal pilih sesuai warna favorit kalian.

Ditambah pada tipe Premium Extended Range di atapnya sudah dikasih panoramic glass roof yang tirai penutupnya bisa dibuka dengan perintah suara, sehingga penggunany­a bisa menikmati keindahan alam yang lebih leluasa saat berkendara bersama keluarga. Keren!

Oiya, BYD Dolphin tipe Premium ini juga dilengkapi fitur Voice Command, namun perintahny­a menggunaka­n bahasa Inggris. Fitur perintah suara ini selain bisa untuk membuka tirai panoramic glass roof, juga bisa buat buka kaca jendela, pengaturan AC, sistem audio dan masih banyak lagi.

Lalu soal storage untuk menempatka­n botol minuman dan barang bawaan kecil juga lumayan berlimpah nih. Baik pada trim pintu, konsol tengah, hingga di jok baris belakang. Dimana salah satunya terdapat pada arm rest di bagian tengah jok, yang bisa dilipat rata sandaran.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia